Kamis, 29 Juni 2017

Cara Merekam Layar HP Xiaomi (Android KitKat) Tanpa Aplikasi

Diposting pada Kamis, 29 Juni 2017
Cara merekam layar hp Xiaomi dengan Android KitKat tanpa aplikasi embel-embel yang pastinya tak perlu root. Kamu termasuk pengguna perangkat Xiaomi Redmi atau seri Mi, kalau memang iya enak dong mampu menggunakan fitur aplikasi Screen Recorder.

Karena kalau kau MI Fans dan hp kau menerima pembaruan sistem operasi MIUI 8 Global Stable ROM 7.3.2 akan mampu merekam aktifitas layar dengan aplikasi bawaan Xiaomi. Perusahaan Xiaomi selalu memanjakan penggunanya ibarat beberapa waktu lalu saya telah melaksanakan update ke ROM tersebut dan sekarang bisa merekam layar hp tanpa aplikasi embel-embel pihak ketiga.

Dengan itu saya akan bagikan cara untuk merekam layar Android meskipun Xiaomi kau hanya dengan OS KitKat. Asalkan kalau sudah menerima pembaruan MIUI 8 pasti tidak perlu ribet instal aplikasi perekam yang memerlukan root.

Banyak sekali aplikasi screen recorder yang ada di Google Play store namun biasanya mendapati laporan "Perangkat anda tidak kompatibel dengan versi ini" kalau Android kau masih KitKat atau Jellybean ke bawah. Saya pernah mencoba AZ Screen Recorder dan kesudahannya selalu muncul pesan ibarat itu.

Karena aplikasi untuk merekam layar hp yang tersedia di Play Store biasanya hanya mendukung OS Lolipop, Marshmallow ke atas. Gimana kalau untuk rekam layar hp jellybean, atau Android KitKat?

Cara Menggunakan Fitur Perekam Layar Xiaomi dan Kelebihan

Untuk pengguna hp Xiaomi, sekarang tak perlu mencoba beberapa aplikasi perekam layar Android yang tersebar. Untuk menggunakan Screen Recored di Xiaomi sangat mudah kok, dengan mengikuti panduan dengan pola gambar di bawah. Kita hanya perlu beberapa langkah dari tombol cepatnya yang mampu digunakan untuk merekam video call, game dan gerakan layar hp lainnya.
aplikasi untuk merekam video di android
Hasil dari merekam aktifitas layar Android berupa video yang siap kau bagikan ke Youtube atau mengirim ke akun Social Media kau misal Instagram, Facebook, Twitter dll. Enaknya lagi hasil video rekaman tidak ada watermark.

Apa itu watermark? ialah sebuah tanda melayang kalau video diputar dan kalau kita ingin menghapus watermark tersebut harus membayar. Seperti aplikasi Mobizen yang menawarkan watermark Powered By Mobizen.

Bagaimana cara menerima Fitur Screen Recorder Xiaomi?

Kamu hanya perlu memperbarui ROM MIUI di hp Xiaomi kau ke versi 8 terbaru atau minimal ROM 7.3.2. Caranya melihat versi:

  • Masuk ke Setelan > Tentang ponsel (About phone)
  • Untuk update ROM Xiaomi: Masuk ke Alat > Unduhan >Cek pembaruan

Cara Merekam Layar HP Xiaomi Android KitKat Tanpa Aplikasi

Setelah memperbarui ROM ke MIUI 8 sekarang waktunya kau ikuti bagaimana cara pakai fitur untuk merekam layar hp Android. Contoh gambar tangkapan layar menggunakan hp Xiaomi Note dengan OS KitKat.
  1. Pastikan hp Xiamoi kau sudah menyala lalu pergi ke Alat (Tools).
    aplikasi perekam layar android kitkat tanpa root
  2. Terus setelah masuk, kemudian gulir layar ke atas hal ini sebagai cara menemukan fitur menu Screen Recorder / Perekam Layar Xiaomi yang berada dibawah. Untuk mengaktifkan mode perekaman silahkan sentuh ikon kamera di pojok kanan bawah.
    aplikasi perekam layar android
  3. Sekarang tekan tombol kembali (back) kalau sudah muncul mode "Mulai". Karena ini hanya mengaktifkan tombol recorder terlebih dulu.
    cara merekam layar android
  4. Setelah itu kau tentukan dari mana aktifitas layar yang akan di rekam. Entah merekam video call dari pacar kamu, merekam live Instagram yang bermanfaat dan pada pola ini saya gunakan untuk membuat tutorial video mematikan getar keyboard Xiaomi.
  5. Jika semua sudah simpulan tekan tombol Stop dengan ikon kotak.
    aplikasi perekam video android keren
  6. Maka hasil video yang sudah di rekam otomatis tersimpan ke memori telepon, kita mampu melihat hasil video melalui Alat > Perekam Layar atau pribadi sentuh tanda (X), dengan ibarat itu kau pribadi diarahkan ke hasil video rekaman.
Dari panduan ini kau sudah dapat merekam layar hp Xiaomi dengan OS KitKat atau Android 4.4.4. Dengan cara tersebut tentunya tanpa menggunakan aplikasi embel-embel pihak ketiga hanya menggunakan aplikasi rekaman video bawaan Xiaomi yang keren tersebut.