Rabu, 09 Agustus 2017

Peluang Budidaya Ikan Gabus sebagai Bisnis Baru

Diposting pada Rabu, 09 Agustus 2017
Peluang perjuangan Budidaya Ikan Gabus , Salah satu factor penting dalam melaksanakan aktivitas urusan ekonomi yaitu inovasi dan kemampuan menemukan hal – hal gres yang dapat menarik minat masyarakat. Ada banyak pola kasus dimana hal – hal gres tersebut belum pernah terpikirkan bahkan seringkali diremehkan, namun kemudian menjadi satu kejayaan besar sehingga bisa membalikan pandangan yang semula meremehkan menjadi mengakui bahwa inovasi gres tersebut memang bagus, Salah satu contohnya yaitu usaha air minum kemasan Aqua,

Lihatlah gambar Ikan Gabus Toman ini besar sekali bukan?

Peluang perjuangan Budidaya Ikan Gabus

Berangkat dari kejayaan perusahaan Aqua, mengapa anda tidak mencoba hal gres yang bagi sebagian orang tidak terpikirkan, diremehkan bahkan dipandang sebagai hal yang tidak penting. Ikan Gabus, atau yang sering dsebut dengan banyak sekali nama mirip kocolan, kutuk, bogo, bayong, licingan dan lain sebagainya memang belum begitu diminati oleh petani ikan. Hal ini alasannya yaitu memang minat masyarakat yang belum terlihat, padahal ikan ini terkenal empuk dan lezat, hampir sama mirip rasa ikan lele.

Ikan gabus sendiri merupakan ikan liar yang memiliki sifat predator. Ia sangat ditakuti oleh peternak ikan alasannya yaitu sifatnya yang suka memangsa ikan lain. Ukuran ikan ini bisa sangat besar sampai seukuran paha orang dewasa. Ikan ini lebih garang dibanding ikan lele dan ikan ini sangat cepat pertumbuhannya terlebih di dalam kolam yang berlumpur.

Ikan Gabus sendiri memiliki beberapa jenis diantaranya Channa striata, ikan gabus jenis ini memiliki bantuk yang relative lebih kecil sementara jenis lainnya yaitu gabus toman, ikan ini bisa mencapai ukuran satu meter dengan bobot bisa mencapai 5 Kg. Bentuk ikan ini lingkaran memanjang hampir mirip dengan ikan lele namun bersisik.

Kepala berbentuk gepeng dan mirip kepala ular, pada bab samping berbentuk lorek coklat, putih dan sedikit hijau. Ikan ini memiliki daging empuk mirip ikan lele atau gurami. Ikan gabus dapat bernafas meskipun dengan oksigen yang sedikit alasannya yaitu ikan ini memiliki labirin. Ikan ini dapat bertahan dalam tanah yang kering dan seringkali berjalan didaratan untuk mencari perairan atau bisa juga mengubur diri di dalam tanah menunggu tanah tersebut kembali berair.


Prospek Usaha Ikan Gabus

Prospek Usaha ikan gabus terbilang masih sedikit peminat. Namun secara statistik, undangan ikan ini semakin meningkat. Salah satunya yaitu untuk dibuat sebagai materi dasar pempek cinde Palembang. Permintaan ini kian meningkat dengan semakin beragamnya jenis hasil olahan ikan gabus. Anda bisa membuat olahan makanan dari ikan ini sebagai ikan bakar, kerupuk, atau campuran adonan.

Salah satu keuntungan dari budidaya ikan gabus yaitu fasilitas dalam segi pakan. Anda tidak terlalu pusing memikirkan pakan, ikan gabus termasuk ikan yang sangat mudah diberi pakan selain itu ikan ini memiliki ketahanan badan yang sangat berpengaruh sehingga resiko janjkematian lebih kecil.
Salah satu pengusaha yang telah sukses dalam membudidayakan ikan gabus yaitu Andi Rahardjo. Pengusaha ini bisa memanen sekitar 1,5 kuintal selama 2 bulan, dan itu masih belum mencukupi undangan pasar. Permintaan paling banyak datang dari restoran – restoran.

Namun demikian, yang perlu diperhatikan yaitu sifat gabus yang kanibal. Sehingga dalam memberi pakan haruslah diselingi pakan lain semoga tingkat kanibalisme bisa di tekan. Dan itukah sedikit ulasan wacana peluang budidaya ikan gabus, semoga nantinya bisa menginspirasi anda semua untuk terjun menggeluti perjuangan ini.