Jumat, 18 Agustus 2017

Peluang Usaha Budidaya Jamur Kuping untuk kerja sampingan

Diposting pada Jumat, 18 Agustus 2017

usaha sampingan budidaya jamur merang dan kali ini admin akan membahas mengenai budidaya jamur kuping. 

Peluang Usaha Budidaya Jamur Kuping untuk kerja sampingan pada dasarnya tidak terlalu sulit, sama mirip budidaya jamur jenis lain, pada jamur kuping juga yang perlu diperhatikan ialah suhu dan bibit jamur kuping. Selengkapnya mari kita simak keterangan tentang bisnis jamur kuping berikut ini :


Peluang Usaha Budidaya Jamur Kuping untuk kerja sampingan

Usaha Sampingan Jamur Kuping untuk kerja Sambilan



Ciri Jamur Kuping

Seperti yang tertulis di situs wikipedia, jamur kuping merupakan sejenis jamur pangan yang berjulukan latin Auricularia auricula . Jamur ini memiliki ciri khas tubuhnya yang lentur mirip biar - biar dan kenyal, sehingga jamur kuping tergolong sebagai jelly fungi dan masuk ke dalam jenis Basidiomycota. Jamur ini disebut dengan jamur kuping sebab bentuknya yang ibarat bentuk indera pendengaran manusia. 


Pada keadaan segar, jamur kuping akan memiliki ciri khas yaitu kenyal namun ketika kering akan mengeras mirip tulang. Warnanya bervariasi mulai dari merang pucat, merah kecoklatan dan coklat kemerahan yang pekat. 



Manfaat Jamur Kuping


Bukan hal gres lagi bahwa jamur kuping kini mulai dilirik oleh masyarakat sebab rasanya yang lezat, gurih dan khas namun juga sebab kandungan gizinya yang mampu dibilang sangat tinggi. Didalamnya, 72 % terdiri dari lemak yang aman untuk dikonsumsi, juga mengandung vitamin B, mineral dan aneka macam kandungan lainnya. Tak hanya itu, jamur kuping pun memiliki kegunaan untuk menetralkan racun, mencegah penggumpalan darah, mencegah kanker, menormalkan tekanan darah, menurunkan kolesterol dll. Tak heran pula jikalau jamur kuping dijadikan sebagai makanan sehat yang banyak di cari olah masyarakat.


Cara Budidaya Jamur Kuping



Dalam menjalankan urusan ekonomi jamur, anda  bisa menggunakan dua model yaitu mencari di alam atau membudidayakan jamur kuping secara intensif. Kelebihan dari peluang perjuangan jamur kuping yang mencari di alam ialah tentunya anda tidak perlu mengeluarkan modal besar, namun, anda tidak mampu menjamin bahwa stok jamur anda akan terus ada. Karena permasalahan inilah kemudian banyak masyarakat yang kemudian mencoba membudidayakan jamur kuping ini. Berikut ini cara budidaya jamur kuping.



  • Pemilihan lokasi budidaya jamur
    Untuk menerima hasil terbaik, anda sebaiknya memilih lokasi budidaya yang memiliki suhu 20 - 30 derajat celcius serta memiliki kelembaban 80 % sampai 90 %. 
  • Persiapan Media Tanam
    a. Membuat media tanam atau baglog yang berasal dari aneka macam campuran dengan komposisi 85-90 %, bekatul 10- 15 %, kapur 1-2 %, serta air dengan kadar secukupnya.
    b. diamkan campuran tadi  selama 3-5 hari biar terjadi proses fermentasi, serta dibalik 2 – 3 kali dalam sehari
    c. Masukan media tanam tadi ke dalam satu wadah kusus dan tekan, anda mampu menggunakan botol untuk memadatkan baglog  kemudian diamkan selama  6 – 8 jam.
  • Penanaman bibit
    Bibit yang telah kita siapkan dapat kita masukan ke dalam baglog setelah suhu baglog menjadi normal, dan usahakan ketika proses penanaman dilakukan dalam keadaan steril lalu diamkan 45- 60 hari.
    Setelah 45-60 hari maka tanaman akan tumbuh miselium dan buatlah robekan - robekan pada baglog. Pada dikala tersebut nantinya jamur akan tumbuh dan anda tinggal memanennya.

Analisa peluang Usaha Budidaya Jamur Kuping

Dilansir dari MAJI ( Masyarakat Agribisnis Jamur Indonesia ), dikatakan bahwa undangan akan jamur kuping sampai kini masih belum terpenuhi sebab dari total undangan gres dapat dipenuhi sebanyak 1 ton perhari. Nilai ini hanya mencukupi sekitar 50 % total undangan di pulau jawa. Dari uraian singkat ini, mampu dikatakan bahwa urusan ekonomi jamur kuping masih sangat prospektif.