Sabtu, 29 Juli 2017

Enaknya Peluang Usaha Ternak Bebek Petelur

Diposting pada Sabtu, 29 Juli 2017
Belakangan ini makanan hasil dari olahan angsa mulai betebaran dimana-mana. Mulai dari angsa goreng, angsa panggang, hingga angsa tulang lunak yang rasanya sangat lezat. Hal ini menerangkan bahwa pecinta masakan angsa sangatlah banyak. Anda bisa menemukan banyak sekali masakan angsa di banyak sekali daerah. Daging angsa memang tidak terlalu empuk, tapi memiliki cita rasa yang sangat khas sehingga membuat penikmatnya menjadi ketagihan.


Semakin tingginya peminat bebek, maka semakin tinggi pula seruan akan daging bebek. Sehingga para peternak angsa pedaging pun bisa meraup untung yang sangat besar. Sebenarnya jenis ternak angsa ada 2 macam yaitu ternak angsa pedaging dan angsa petelur. Jika angsa pedaging diambil episode dagingnya, sedangkan angsa petelur hanya diambil episode telurnya saja. Untuk perawatan kedua jenis angsa ini gotong royong sama saja.

Namun, sedikit perbedaannya hanyalah terletak pada sumbangan pakannya saja. Porsi pakan angsa berupa mineral untuk angsa petelur lebih banyak ketimbang angsa pedaging. Saat ini, angsa pedaging memiliki peminat yang lebih banyak ketimbang angsa petelur. Hal ini dikarenakan restaurant atau tempat makan olahan angsa lebih banyak ketimbang yang membutuhkan telur bebek.

Lihat juga artikel mengenai Peluang Usaha Ternak Bebek Hibrida Cepat Penen Untung Besar

Cara Ternak Bebek Petelur Modern

Berikut ini akan saya jelaskan cara beternak angsa pedaging, silakan disimak ya :

1. Pembuatan Kandang Bebek
Siapkan lahan yang tidak terlalu bersahabat dengan pemukiman warga, sebab bunyi angsa yang berisik dan juga kotorannya dapat mengganggu kenyamanan warga sekitar. Kemudian buatlah sangkar angsa dengan suhu 39 drajat Celcius. Suhu yang panas dan terik menyerupai ini sangat disukai angsa dan membuat angsa merasa lebih nyaman. Kemudian untuk tingkat kelembabannya yaitu 60-65%. Supaya mempermudah kita dalam mengatur dan membersihkan kandang, maka berikan lampu pada sangkar bebek. Dengan adanya lampu juga menghindari adanya binatang pengganggu menyerupai tikus dan kucing.

Jenis sangkar untuk ternak angsa terdiri dari 3 macam, yaitu :
  • Kandang yang khusus dibuat untuk anak angsa atau yang biasa disebut DOD. Kandang untuk DOD ini memiliki ukuran 1x2 meter dan bisa menampung hingga 50 ekor DOD.
  • Selanjutnya yaitu sangkar khusus untuk angsa yang sudah remaja atau yang disebut brower. Kandang ini sebaiknya bisa menampun 16-100 ekor per kelompok brower.
  • Kandang angsa yang memang dibuat untuk bertelur, sangkar angsa ini memiliki bentuk kotak dengan ukuran yang tidak terlalu besar. 1 sangkar hanya bisa menampung 1-2 ekor angsa saja. Bisa juga anda buat sangkar khusus berkelompok yang bisa menampung 4-5 kor angsa dewasa.

Jenis sangkar angsa petelur sistem kering

2. Pemilihan Bibit Bebek
Tahap berikutnya yang harus diperhatikan yaitu memilih bibit angsa yang unggul. Jangan hingga bibit yang anda pilih memiliki kualitas yang buruk sehingga kualitas ternaknya juga jelek. Berikut ini beberapa cara untuk memilih bibit angsa yang unggul :

•    Anda bisa membeli telur tetas yang berasal dari indukan angsa yang berkualitas.
•    DOD tidak memiliki cacat pada episode tubuhnya, selain itu pada bulunya berwarna kuning mengkilap.
•    Belilah DOD dari tempat pembibitan yang memang sudah terjamin kualitasnya oleh dinas peternakan setempat atau bisa juga dengan memilih tempat pembibitan yang sudah diakui oleh peternak angsa lainnya.

 Tabel sumbangan pakan untuk angsa petelur dan pedaging

Sedangkan untuk sumbangan pakan angsa terdiri dari 3 fase yaitu usia 0-8 ahad atau yang biasa disebut stater, usia 8-18 ahad atau yang disebut grower, dan usia layar 8-27 ahad atau yang sering disebut layar.

Setiap fase diberikan sistem pakan yang berbeda, untuk angsa stater diberikan pakan datar dengan menggunakan tempat pakan. Sedangkan untuk angsa grower diberikan pakan datar juga tapi disebar ke lantai, sedangkan angsa layar diberikan pakan secara terus menerus hingga produksi telurnya meningkat.

Peluang perjuangan ternak bebek memang diharapkan kesabaran, sebab angsa membutuhkan proses hingga siap dijual. Selain itu perawatan dan pemeliharaan juga harus diperhatikan semoga angsa terhindar dari banyak sekali macam penyakit.