Minggu, 23 Juli 2017

Peluang Usaha Ternak Hamster Mudah Dan Cepat

Diposting pada Minggu, 23 Juli 2017
Usaha Ternak Hamster Mudah Dan Cepat - Hamster merupakan binatang yang sangat lucu dan imut. Tidak heran, kalau banyak orang yang suka dan hobi mengkoleksi binatang ini. Hamster merupakan sejenis binatang pengerat tetapi memiliki bentuk badan yang kecil. Perawatan hamster terbilang sangat mudah, anda juga tidak membutuhkan daerah atau lahan yang luas untuk pemeliharaannya, dengan lahan yang terbatas pun anda sudah bisa memelihara hamster. Bahkan, aquarium yang tidak terpakai juga bisa loh dijadikan sangkar hamster.

Img Source: wikihow.com
Selain bentuknya yang lucu dan menggemaskan, harga jual hamster juga sangat terjangkau untuk semua kalangan, bahkan untuk anak sekolahan. Saat ini, sangat mudah untuk menemukan penjual hamster, anda bisa kunjungi aneka macam toko hewan, atau bisa juga mencarinya di internet. Makanan hamster juga sangat mudah yaitu jagung, sayuran, kwaci, dan kacang panjang. Merawat hamster juga tidak terlalu sulit, yang penting anda rutin membersihkan kandangnya.

Usaha ternak hamster sangatlah potensial alasannya yakni peminatnya sangat tinggi, apalagi sudah banyak komunitas pencipta hamster yang sudah terbentuk di aneka macam kota dan negara. Namun, untuk menjalankan ternak hamster ada beberapa tahapan yang harus anda lakukan supaya ternak hamster yang anda jalani bisa menghasilkan hamster yang berkualitas dan unggul.

Peluang Usaha Ternak Hamster Bagi Pemula

1. Pemilihan Induk Hamster
Pilihlah indukan hamster yang lincah atau gesit, matanya cerah, dan nafsu makannya juga bagus, sehinga anak yang dihasilkan menjadi bibit hamster yang unggul.

2. Pembuatan Kandang Hamster
Setelah itu buatlah sangkar hamster yang berukuran besar, dan jauhkan dari daerah yang terlalu ramai. Bisa dibilang hamster merupakan binatang yang sensitif kalau sedang hamil sehingga mudah stress.

Gambar sangkar Hamster menggunakan aquarium solusiproperti.com

3. Perawatan Hamster
Perhatikan kebersihan sangkar dan juga asupan makanan pada dikala si betina sedang hamil. Jika pejantannya terlihat kasar, sebaiknya pisahkan sangkar hamster betina dengan pejantannya hingga si betina melahirkan.

Pada dikala hamster melahirkan, satukan anak dan ibunya dalam satu sangkar ditempat yang terpisah dari pejantan. Hal ini bertujuan semoga si betina dapat menyusui anaknya dengan tenang. Hamster bisa melahirkan 3-10 anak setiap kali melahirkan.

Namun, tetap diperhatikan selama betina menyusui si anak. Terkadang ada betina yang bersifat Canibal atau memakan anaknya sendiri. Maka dari itu kalau sudah terlihat sifat cannibal pada betina, sebaiknya segera pisahkan dengan anaknya.

Analisa Peluang Usaha Ternak Hamster

Modal awal:
3 pasang Indukan hamster yang sudah siap kawin    = 3 x Rp 20.000 = Rp 60.000
Harga sangkar bentuk aquarium 3 pcs                      = 3 x Rp 30.000 = Rp 90.000

Pengeluaran Per Bulan:
Harga Jerami untuk bantalan kandang                              = Rp 5000
Makanan Hamster untuk 1 bulan                               = Rp 90.000
Total pengeluaran Per Bulan                                      = Rp 95.000

Perhitungan Profit:
Jika sekali beranak bisa menghasilkan 3-10 anak, kita ambil tengahnya yaitu 5 anak setiap kali melahirkan dan dalam sebulan hanya melahirkan sekali saja. Sedangkan jumlah hamster yang anda ternak ada 3 pasang, berarti total anak dalam sebulan yaitu 3 x 5 = 15 anak.

Harga anak hamster Rp 10.000 x 12 anak = Rp 150.000
Profit yang anda dapatkan Rp 150.000- 95.000 = Rp 55.000.

Semakin banyak indukan hamster yang anda ternak, maka semakin banyak pula anak yang dilahirkan dan keuntungan yang anda dapatkan juga semakin besar. Dalam beternak hamster, perhatikan juga kebersihan badan hamster, terkadang mereka merasa gatal sehingga alasnya yang berupa serbuk kayu harus segera diganti. Selain itu, serbuk kayu tersebut harus tetap dalam keadaan kering sehingga hamster tidak kedinginan.

Peluang perjuangan ternak hamster biasa dijalankan oleh siapa saja alasannya yakni memang pemeliharaan dan juga penjualannya tidak terlalu sulit.