Sabtu, 19 Agustus 2017

Usaha Sampingan Budidaya Jamur Merang Modal Kecil

Diposting pada Sabtu, 19 Agustus 2017

Usaha sampingan , Budidaya jamur merang menjadi salah satu  peluang perjuangan yang prospektif mengingat banyaknya penggemar jamur konsumsi ini serta harganya yang relatif tinggi sehingga berpeluang mendatangkan penghasilan yang lumayan besar. Jamur merang sendiri merupakan sejenis jamur yang aman untuk dikonsumsi dan memiliki nama latin (Volvariella sp). Jamur ini banyak di budidayakan di kawasan asia timur dan selatan. 

Karakteristik jamur merang yakni bentuknya yang mirip lingkaran telur dengan warna bubuk - bubuk dan kecoklatan. Bagian tubuhnya dilindungi selubung dan pada dikala dewasa, episode badan jamur akan menjadi coklat keabu abuan dengan warna merah muda di episode tudungnya. jamur merang yang nantinya di jaual yakni jamur merang muda tudungnya belum berkembang. Untuk membudidayakan jamur merang sebagai perjuangan sampingan, anda dapat memeliharanya di sebuah bangunan yang disebut dengan kumbung. 
Usaha Sampingan Budidaya Jamur Merang Modal Kecil


Alasan mengapa jamur merang sangat digemari oleh masyarakat tentu selain dari rasanya yang khas, jamur pangan ini juga mengandung nilai gizi yang tinggi. Didalam jamur merang terdapat protein, fosfor dan kalium yang sangat memiliki kegunaan bagi pertumbuhan dan derma tulang. 



Cara Budidaya Jamur Merang

Menjalankan usaha sampingan Budidaya jamur merang tidaklah sulit, anda hanya harus memiliki ketekunan semoga hasil yang anda dapatkan dapat maksimal. berikut ini gua sajikan cara budidaya jamur merang khusus untuk anda :


A. Pemilihan Bibit Budidaya jamur Merang

Agar hasil maksimal maka anda perlu teliti dalam memilih bibit yang unggul sebab pemilihan bibit yang sempurna akan menentukan hasil yang anda dapatkan. 
  1. Pilihlah bibit unggul dari golongan F3 menggunakan sistem BER, sistem ini merupakan hitungan berat bibit unggul dibanding dengan media tanam. Untuk BER yang ideal diusahakan berada pada kisaran 30% - 35 %. Dengan banyaknya inovasi serta perkembangan teknologi pangan sekarang, muncul bibit bibit gres yang memiliki daya taumbuh lebih cepat. Silahkan anda cari di Internet wacana aneka macam jenis bibit jamur merang.
  2. Teliti masa kadaluarsa bibit. Perhatikan berapa daya tahan hidup bibit, jangan hingga anda membeli bibit jamur yang sudah kadaluarsa sebab kemungkinan besar bibit yang anda pilih tidak akan tumbuh dan otomatis perjuangan sampingan budidaya jamur merang anda akan mengalami kegagalan.
B. Persiapan Media Tanam Budidaya Jamur merang
Sebelum anda membuat media tanam, ada baiknya anda membuat kumbung. Kumbung dapat anda buat dari materi bambu, atau membuatnya dengan kerikil permanen. Kumbung ini nantinya dibangun dengan ukuran ideal 6 x 4 m dengan tinggi 2,5 m. Kumbung akan diisi rak - rak bedengan sebagai tempat untuk meletakan media tanam jamur.

Untuk gosip wacana cara pembudidayaan silahkan baca di artikel di sini

Analisa Usaha Sampingan Budidaya Jamur Merang

Mari simak analisa perjuangan di bawah ini :

Analisa Usaha Sampingan Budidaya Jamur Merang
Dari uraian pengeluaran di atas. Kita akan menerima hasil sekitar 60 Kg  per kumbung. Sehingga total jamur yang kita dapatkan yakni 180 Kg. Asumsi harga per Kg jamur merang yakni Rp. 11.000/ kg maka didapatkan omzet sebesar Rp. 180 x 11.000 = Rp. 1.980.000,-

Keuntungan bersih yang di dapat adalah
= Rp. 1.980.000, - Rp. 1.352.000,-
= Rp. 638.000,- / bulan

Bagaimana apakah anda tertarik untuk menjalankan perjuangan ini? silahkan segera pelajari urusan ekonomi ini. Semoga artikel ini dapat menawarkan wangsit sekaligus gosip untuk anda.